Kirei Isekai | Blog Informatif Apa itu Data Mining, Penerapan dan Kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0

Apa itu Data Mining, Penerapan dan Kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0

Peran Data Mining dan dan Kaitannya dengan Revolusi Industri 4.0

Apa itu data mining?

        Data mining  adalah suatu proses dalam mengekstrak, menyaring, menyeleksi, mengolah suatu data atau informasi berserakan dengan pola pola yang ada dan dari data yang berskala besar. Dari nama nya saja “data mining”. mining itu sendiri bisa diartikan dengan menggali, misal kita ibaratkan sebagai suatu tambang dan di dalam tambang tersebut terdapat berbagai macam bahan mulai dari tanah pasir batu besi nikel emas berlian dan permintaan dari pemilik tambang untuk menambang bahan yang memiliki nilai jual tinggi dengan demikian penambang akan menyeleksi dengan membuang bahan bahan yang tak diperlukan seperti tanah dan pasir misalnya, begitu juga konsepnya dengan data mining, Pada data mining sesuatu yang di seleksi itu adalah data dan informasi. Dari sekian banyak data atau informasi yang ada (raw data/informations) harus diseleksi dulu mana yang akan digunakan data yang bisa dijadikan referensi dan menghasilkan knowledge(pengetahuan). Artinya yang membedakan data/ informasi yang ada setelah menggunakan data mining itu data /informasi tersebut tak hanya sekedar data namun mengandung suatu pengetahuan(knowledge) didalamnya.  

Proses mining data secara rincinya terbagi ke dalam berberapa tahap untuk mencapai knowledge yang bisa dijadikan referensi untuk membuat suatu keputusan. 
  • Pertama itu ada data cleaning, yaitu dari raw data atau data kasar yang ada dibersihkan noise dan data yang tidak konsistennya. Yang dimaksud data tidak konsisten disini yaitu misalkan untuk data jenis kelamin ada data yang menuliskan lambang P untuk perempuan dan ada juga yang menuliskan F untuk female padahal yang dimaksudkan disini sama namun lambang yang berbeda ini merupakan salah satu contoh data yang tidak konsisten. 
  • Kedua ada data integration atau integrase data yang berarti jika terdapat beeberapa data yang memiliki sumber yang sama dapat digabungkan atau data data yang duplikat dapat digabungkan atau dihilangkan satu. 
  • Ketiga yaitu data selection, data data yang telah bebas dari duplikasi dan ketidak konsistenan di ambil dari database namun data yang diambil harus relevan dengan topik yang ada atau apa tujuan kita. 
  • Keempat ada Data transformation, yaitu data yang telah diseleksi pada tahap sebelumnya di perkuat atau di perteguh lagi menggunakan statistical summary misalnya dan kemudian di simpan di data werehouse(Gudang data)   . 
  • kelima tahapan data mining yaitu data dari were house akan di ekstrak membentuk suatu pola data berdasarkan apa tujuan yang kita inginkan. 
  • Keenam pattern evaluation yaitu pola yang berhasil di ekstrak pada proses data mining tersebut di identifikasi mana yang paling menarik atau memiliki nilai pengetahuan yang lebih besar karena bisa dikatakan pola mewakili pengetahuan itu sendiri. 
  • Ketujuh ada knowledge presentation. Knowledge presentation ini adalah pengetahuan yang didapat dari proses proses sebelumnya disampaikan kepada orang dalam visual Teknik misal dalam bentuk chart table atau yang lain asalkan tersampaikan dengan baik dan dari itu bisa diambil kebijakan atau keputusan. 

Mengapa data mining menjadi penting sejak teknologi informasi berkembang dengan begitu pesat dan dikaitkan dengan Revolusi Industri 4.0?

        Tentunya kita harus tahu apa yang dikatakan dengan revolusi industri 4.0. revolusi industri 4.0 singkatnya yaitu suatu perubahan yang terjadi pada hampir semua bagian produksi di industry dengan melibatkan teknologi digital dan internet kemudian di gabung dengan industry konvesional. Mulai dari manufaktur industry, logistic dan lainnya. Pada era revolusi industry 4.0 ini tentunya kita tidak bisa lepas dari yang Namanya big data, internet of things atau IoT. Big data ini sendiri dia menggambarkan data yang ukurannya sangat besar dan datanya ada yang terstruktur ada yang tidak terstruktur, data yang tidak terstuktur ini yang menjadi salah satu alasan mengapa data mining berperan penting dalam revolusi industry 4.0.  data data tersebut tentunya juga terdapat pada media internet. Terdapat sangat banyak data pada media internet dalam berbagai media juga seperti gambar, teks, suara. Namun meski sebanyak itu data di internet apabila tidak ada knowledge di dalamnya dan ttidak sesuai dengan referensi yang kita mau maka sama saja atau biasa diistilahkan ‘rich of data but poor of informations’ maka itu diperlukan pengaplikasian data mining disini untuk mengekstrak data yang segunung banyaknya menjadi  full of knowledge. 


Penerapan Data Mining

        Data mining tanpa kita sadari hampir selalu kita gunakan/lihat walaupun itu hal kecil namun kita saja yang kita sadar akan penggunaannya. Contohnya dalam bidang kesehatan misal di rumah sakit. Data apa yang terpikirkan ketika anda mendengar kata rumah sakit. Tentunyaa banyak sekali mulai dari data tentang penyakit-penyakit data tentang peralatan medis, obat, transportasi, logistic, perawat  dan data yang paling krusial/dasar nya itu pasien karena rumah sakit melayani untuk menyembuhkan orang sakit. Kita ambil sampel pada bagian pasien saja misal. contoh Data dari pasien X ada nama latar belakang dia dan keluhan terkena penyakit hati dan terdapat data historis(riwayat) dari pasien X ini, dilihat data histori penyakitnya yang dahulu misal pasien x pada tahun 20xx pernah terkena penyakit lambung juga, itu semua ada lah data dari pasien tersebut dan oleh pihak rumah sakit diolah dan diekstrak data-data pasien tersebut sehingga membuat dokter untuk mengambil penanganan terbaik untuk pasien tersebut. 
        Contoh lebih sederhananya dari perilaku misal kita membeli suatu barang di supermarket dan saat kita membayarnya maka akan tercatat di mesin kasir dan disimpan di database sebagai sebuah data kemudian ada orang lain lagi yang memeli barang juga dan juga akan disimpan di database sebagai data. Kemudian data yang terkumpul di dalam database sebegitu banyaknya akan di seleksi dan di ekstrak oleh perusaahan dan hasilnya musal produk ini penjualannya lebih tinggi dari yang lain maka perusahaan akan membuat suatu keputusan seperti memperbanyak stok barang produk tersebut atau membuat periklanan lebih pada produk lain agar penjualan merata intinya dari perilaku kita sehari hari itu dapat menjadi suatu data yang di perlukan oleh sesorang dan dapat membantu orang tanpa kita menyadarinya. 


Posting Komentar

0 Komentar