Kirei Isekai | Blog Informatif Apa Itu Cloud Computing, Cloud Storage, Key Service dan Tipe-Tipe Clouds

Apa Itu Cloud Computing, Cloud Storage, Key Service dan Tipe-Tipe Clouds

Mendalami Lebih Jauh Mengenai Teknologi Cloud

Cloud System

        Apa itu cloud computing. Cloud computing itu suatu komputasi awan atau layanan yang memberikan kita service dari sebuah storage yang tidak berada di kitanya misal suatu storage besar dari layanan Huawei yang letaknya di china sana dengan server dan  layanan yang bisa kita akses untuk mengunduh lagu misal untuk menyimpan gambar ini semua memerlukan koneksi internet tentunya. Sederhananya  misal dari saat mengambil foto dari hp Huawei dan fotonya setelah beberapa lama kita simpan ke Huawei cloud service di hp itu maka foto akan tersimpan di server sana yang akan menghemat storage di hp kita. Namun biasanya memerlukan waktu yang agak lambat dari biasa untuk mengakses foto itu karena kita menggunakan konektivitas internet untuk memanggil atau mengunduh gambar tersebut dari storage disana. Cloud key service ini terdiri atas compute services, storage services, network services dan management services. Pertama Compute service terjabarkan lagi menjadi elastic cloud server(ECS), image management service(IMS),  elastic cloud server(ECS), dan auto scaling (AS). Compute service elastic cloud server(ECS) Ini adalah server cloud yang menyediakan permintaan komputasi yang meningkatkan keefesiensian keamanan kestabilan aplikasi. Kemudian ada compute service image management service(IMS). Ims ini menyediakan public private market place dan fitur berbagi gambar. IMS ini juga mengizinkan kita untuk mengatur alur dari suatu gambar. Contoh kita membuat gambar private dari cloud server dan kita bisa langsung memindahkan atau mengerjakan gambar tersebut di cloud itu. Kemudian ada cloud service auto scaling (AS) yaitu metode di komputasi cloud yang sumber daya komputasi servernya diukur berdasarkan jumlah server yang aktif, ini bisa bervariasi secara otomatis berdasarkan beban di server. 


        Cloud key service selain terdapat computing services juga terdapat storage service yang terdiri dari elastic volume service(EVS), volume backup service (VBS), Scalable file service(SFS), object Storage service(OBS), Content delivery network(CDN), Storage Disaster Recovery service (SDRS). Pertama storage elastic volume service(EVS) yaitu cloud storage yang menyediakan virtual block storage berdsarkan arsitekturnya. Evs disk ini memiliki fitur data realibility dan input output throughtput yang tinggi. Evs disk ini berupa server harddisk yang kita bisa menformatnya atau membuat file system di situ dan mengolah data dari situ. Kemudian storage service volume backup service(VBS) yaitu service yang berguna untuk membackup data dari evs disk diatas dan bisa juga digunakan untuk merestore data original dari evs disk .lanjut ke scalable file service(SFS) yaitu dari namanya menyediakan cloud yang stabil dan performa yang bagus untuk file storagenya, dengan adanya service ini file bisa digunakan oleh beberapa ECSserver (Elastic cloud servers) secara bersamaan. object storage service(OBS) yaitu menyediakan layanan cloud yang stabil, aman dan efisien. OBS memungkinkan kita menyimpan hampir semua data yang tidak terstruktur dalam format apapun dan bisa kita akses dari mana saja menggunakan REST APIs. Kemudian storage service content delivery network(CDN) yaitu internet infrastruktur yang membuat dunia saling terhubung dengan server server yang berbeda membentuk titik temu (nodes) contoh nya kita menggunakan ecommerce seperti amazon dengan traffic website yang luas mencakup seruruh dunia agar meningkkatkan user experience digunakanlah CDN ini juga untuk mengurangi bandwith. Kemudian terakhir ada storage service storage disaster recovery(SDRS) hampir sama seperti back up namun ini service yang merecovery data saan ada bencana yang merusak server data akan terecover. Banyaknya data yang terecover berbeda beda setiap servernya tergantuk seberapa besar ketersediaan spase storage mereka, semakin besar storage space server semakin banyak data yang bisa disimpan di file recovery. 


        Empat tipe cloud yang pertama Public cloud contohnya suatu perusahan membeli cloud server penyimpanan, perangkat lunaknya kemudian digunakan Bersama oleh mereka dan orang lain contohnya yaitu amazon web. Kedua private cloud ini sama seperti public cloud namun jika kita terapkan pada contoh di atas private cloud ini hanya bisa diakses oleh orang di dalam perusahaan saja. Kemudian ada community cloud yaitu cloud yang di buat dan dikelola oleh beberapa perusahaan. Dan terakhir terdapat hybrid cloud yaitu memungkinkan kita bisa memindahkan data dari cloud public ke private atau sebaliknya. Ini ditujukan untuk apabila kita ingin menggunakan cloud public tapi dengan keamanan yang setara dengan private cloud makanya dinamakan hybrid cloud.

Posting Komentar

0 Komentar