Kirei Isekai | Anime Japan Sql MariaDB Database Cara Membuat Constraint Lengkap Beserta Contoh (basis data)

Sql MariaDB Database Cara Membuat Constraint Lengkap Beserta Contoh (basis data)

MariaDB SQL


Panduan Mysql Belajar Membuat database dan penjelasannya


     Berikut saya akan menjelaskan cara membuat suatu basis data database menggunkan Mysql di Xammp secara rinci dan terurut beserta contoh soalnya langsung saja simak di bawah ini. sebelum nya buka dulu aplikasi xammp controlnya lalu jalannya my sql dan apache dengan mengklik start setelah berjalan klik button shell kemudian akan diarah kan langsung ke cmd. kemudian ketikkan mysql -u root -p lalu enter dan akan diminta pasword namun anda tinggal klik press enter saja sekali lagi.

1. Latihan 1 Buat kembali tabel buku_alamat dengan memberikan beberapa        constraint

  • Buatlah database baru atau gunakan database lama. Untuk menggunakan database lama ketik di comand show databases; lalu akan muncul table pilihan database yang pernah dibuat sebelumnya. jika anda ingin membuat database baru ketik saja create (nama database terserah anda);

  • Ketik use (nama database); untuk menggunakan database. Contoh use Farhan;

  • Ketik Create table buku alamat lalu isi data table dan tipe data seperti gambar dibawah ini. command tersebut digunakan untuk membuat sebuah table yang bernama buku_alamat. 
  • Pada field no dan nama digunakan Constraint not null yang artinya memastikan field harus mengandung unsur nilai atau harus adda isinya jika tidak ada nilai maka akan error. 
  • Buatlah constraint primary key pada field no dengan mengetikkan alter table buku_alamat add primary key (no); seperti dibawah ini. Constraint ini merupakan gabungan dari constraint not null dan unique yang artinya tidak boleh kosong dan harus unik atau berbeda. Guna constraint primary key ini sendiri yaitu untuk membuat field tersebut menjadi prioritas utama sehingga dapat digunakan untuk mendapat record tertentu lebih mudah dan cepat.

2. Latihan 2 Dengan menggunakan tabel buku_alamat yang telah anda buat di latihan 1, tambahkan constraint yang baru sesuai dengan tabel di bawah.

  • Mengubah email menjadi NOT NULL yang artinya email harus diisi. Tambahkan NOT NULL saat membuat table buku_alamat tepat disebelah email sehingga email akan mendapatkan constraint NOT NULL.

  • Masukkan constraint default pada field kd post dengan mengetikkan command alter table buku_alamat alter kdpos set default ‘11111’; constraint default digunakan untuk memberikan nilai default untuk kolom. Nilai default akan ditambahkan ke semua catatan baru JIKA tidak ada nilai lain yang ditentukan
  • Masukkan constrain check pada field jk dengan mengetikkan alter table buku_alamat add check (jk in (‘p’, ‘L’)); Constraint CHECK digunakan untuk membatasi nilai-nilai tertentu yang boleh dimasukkan ke dalam kolom apabila data yang akan disimpan di kolom tidak sesuai persyaratan yang dibuat, maka data tersebut tidak dapat disimpan di kolom tersebut dan terjadi error yang menandakan tak lulus uji check


3. Soal Buatlah tabel dengan deskripsi di bawah.



  • buat table baru bernama mahasiswa lalu buat constraint NOT NULL pada field No, Kode, NamaMk dengan menambahkan (NOT NULL) setelah tipe datanya. Lalu buat lah field no menjadi primary dengan menambah PRIMARY KEY (NO) pada create table yang berguna untuk membuat field ini menjadi prioritas utama sehingga dapat digunakan untuk mendapat record tertentu lebih mudah dan cepat
  • Tambahkan Constraint default 0 pada field sks dengan mengetikkan alter table mahasiswa alter sks set default (0); yang artinya nilai default untuk kolom sks adalah 0. Nilai default akan ditambahkan ke semua catatan baru JIKA tidak ada nilai lain yang ditentukan.

Demikian penjelasan sekaligus contoh penggunaan mysql di aplikasi Xammp semoga dapat membantu kalian semua dan apabila ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk menulis di kolom komentar dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar