Kirei Isekai | Anime Japan Perbedaaan Panggilan orang jepang -san, -chan -dono, dan -kunn apa sih?

Perbedaaan Panggilan orang jepang -san, -chan -dono, dan -kunn apa sih?

Akhiran yang dipakai orang jepang diakhir nama seseorang






Pasti tidak asing lagi bukan kalian mendengar orang jepang atau di film jepang maupun anime jepang mereka memakai kata ini di akhiran nama seseorang yang mereka panggil. penassarankah kalian mengapa demikian. ya jadi orang jepang cenderung memikirkan atau menghormati budaya dan kesopanan oleh karena itu akhiran ini muncul. namun jangan salah pakai karena penempatannya berbeda dan memiliki makna yang berbeda pula. untuk itu langsung saja simak di ulasan berikut.

1. -san

     Akhiran san merupakan akhiran yang paling sering di gunakan oleh orang jepang, mengapa demikian? dikarenakan akhiran ini bisa digunakan ke siapa saja  atau fleksibel, terlebih ke orang yang lebih tua karena ini merupakan bentuk penghormatan kepada yang dipanggil contohnya apabila kalian bertemu dengan teman yang baru saja kenal atau tetangga kalian dan lainnya.

2. -Chan

      chan ini kebiasaannya lebih sering digunakan oleh kalangan cewe dan cowok dalam memanggil perempuan menggunakan akhiran -chan di nama sicewe agar terkesan lebih imut, akrab dan manis. namun juga terkadang digunakan oleh pada akhiran nama laki juga jika mereka sudah sangat dekat. contoh sakura chan, asano chan.

3. -Kun

      jika chan digunakan oleh para perempuan berbeda dengan kun yang digunakan oleh sesama teman laki laki atau digunakan oleh perempuan untuk memanggil cowok sekelas misalnya atau tetanggamya yang sudah agak dekat. contoh kirito kun dan lainya.

4. -sama

     akhiran ini sedikit lebih spesial yaitu akhiran yang hanya digunakan untuk mereka yang meiliki kedudukan yang lebih tinggi di dalam hal perkastaan. misalnya seorang raja tuan putri yang dipanggil oleh rakyatnya maupun pengawalnya. contoh raja, raja bahasa jepangnya ou dan ditambah akhiran -sama menjadi ou sama

5.  -dono

     Akhiran ini juga sedikit spesial digunakan untuk orang yang kedudukan nya lebih tinggi atau kebih menghormati orang tersebut, namun pada zaman sekarang ini panggilan ini sudah sangata jarang digunakan apabila digunakan maka akan terkesan kuno. panggilan ini digunakan untuk memanggil tuan atau majikan misalnya dan sering digunakan pada zaman samurai dulu. misal yorozu dono.

More INFO

   selain panggilan diatas ada juga panggilan panggilan yang digunakan oleh orang jepang namun memiliki batasan dalam konteks tertentu misalnya:

1. senpai : panggilan yang berarti senior. digunakan oleh adik kelas untuk memanggil kakak kelas atau pun dalam dunia kerja digunakan untuk memanggil teman kantor yang sudah lama bekerja dissana dan anda baru masuk dikantor tersebih anda memanggil mereka dengan senpai karena mereka lebih ahli dan senior. 

2. kouhai ini berlawanan dengan kakak kelas yang berarti adek kelas atau junior. adda beberapa orang yang menambahkan akhiran -kun menjadi kouhai kun jika kouhainya lelaki.

3. sensei : sensei berarti guru digunakan untuk memanggil guru, guru apapun itu contohnya Akaza sensei

demikian penjelasan mengenai beberapa akhiran yang digunakan oleh orang jepang semoga  bermanfaaat dan menambah ilmu kalian semua dan jangan salah dalam memanggil orang jepang ya karena salah salah memanggil mereka membuat kesan mereka terhadap kamu menjadi jelek. jangan lupa klik disini untuk membaca artikel mengenai jepang lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar